Selasa, 03 Maret 2020

Cara Pemberian Pakan Dan Resep Pakan Pada Ternak Babi (Lengkap)

Cara Pemberian Pakan Dan Resep Pakan Pada Ternak Babi


Cara Pemberian makanan umumnya tergantung bahan makanan yang tersedia, umumnya dibagi 2 macam, yaitu :
1. Pakan Basah
Semua bahan makanan dicampur air atau ada juga yang memanfaatkan air dari limbah pabrik gula. Makanan diletakan dalam sebuah bak yang cukup besar.
Keuntungannya :
• Babi mendapatkan makanan sekaligus air
• Mudah dicerna dan disukai oleh babi

Kelemahannya :
• Makanan sangat mudah basi
• Kandang cepat kotor
• Managemen kandang lebih repot dan lebih banyak tenaga

2. Pakan Kering
Pakan ini memungkinkan babi bisa mencapai berat badan hidup yang maksimal. Pada umumnya saat ini kandang-kandang mengutamakan sistem ini
Keuntungannya :
• Makanan tidak cepat basi
• Kandang jauh lebih bersih dan kering
• Praktis

Kelemahannya :
• Makanan mudah tercecer

3. Pakan Lembab
Pakan lembab ini adalah kolaborasi antara 2 jenis pakan diatas tadi, bedanya adalah pada pakan lembab ini pakan bisa lebih di manfaatkan oleh tubuh ternak babi secara maksimal.
Keuntungannya :
• Makanan tidak cepat basi
• Babi mudah memakannya
• Kandang tiak terlalu kotor / bau
• Praktis
• Cepat memberikan efek pada ternak babi

Kelemahannya :
• Makanan cepat basi
• Banyak tenaga untuk membuatnya
• Sering meninggalkan bau jika tidak langsung di bersihkan

4. Kudapan (Pakan asli buatan kami sendiri)
Kudapan ini adalah ramuan pakan buatan kami sendiri untuk ternak babi kami di peternakan babi kami. Bahan dasarnya mudah di dapat dan sederhana, tapi ternak babi pasti rakus banget menghabiskan makanan ini.
Kelebihannya :
• Makanan tidak cepat basi
• Sangat mudah untuk membuatnya
• Setiap ekor babi pasti rakus makannya
• Bahan mudah di dapat
• Kandang tetap bersih dan kering
• Makanan cepat di cerna oleh babi

Kekurangannya :
• Hampir tidak ada kekurangan

Bahan makanan yang biasa diberikan kepada babi
A. Bahan makanan yang banyak mengandung protein

1. Tepung ikan
Tepung ikan di buat dari sisa-sisa ikan atau ikan afkir, yang terdiri dari kepala, kerangkan dan ekor. Kuailitas tepung ikan yang paling baik ialah yang berasal dari ikan putih, sebab kadar minyaknya tidak lebih dari 6% dan kadar garamnya 4%. Sedangkan tepung ikan kualitas kedua dibuat dari ikan afal yang kadar minyak dan garamnya cukup tinggi, sehingga bisa menimbulkan efek negative pada babi. Di samping kandungan protein, tepung ikan juga mengandung unsure-unsur mineral penting, seperti Ca, P dan Chlorine. Tepung ikan ini bisa diberikan kepada anak babi sebanyak 15%, untuk babi bibit, dan 10% untuk babi grower.

2. Susu ikan / skim
Susu skim ialah susu yang sudah diturunkan kadar lemaknya menjadi kurang lebih 0,1%. Susu skim ini merupakan salah satu bahan makanan yang bermutu, terutama bagi babi-babi induk yang sedang menyusui dan babi muda. Sebab susu skim kaya akan protein dan lysine serta lactosenya pun cukup tinggi, sehingga dapat menggantikan sebagai daripada bahan makanan yang berasal dari biji-bijian.
Susu skim bubuk mengandung 35% protein, sedangkan mineral, lemak dan vitaminnya rendah.

3. Bungkil kedelai
Bungkil kedelai diperoleh dari kedelai yang sudah diambil minyaknya. Kandungan protein 38%, agak lebih rendah daripada bungkil kacang tanah yang kadar proteinnya 41%. Akan tetapi kedelai kaya akan lysine, atau merupakana sumber protein nabati yang sangat penting untuk babi. Warna bungkil ini kuning pucat, serat kasar dan kadar Ca-nya rendah. Jika ingin menggunakan bungkil kedelai untuk pengganti tepung ikan, pada rasum harus ditambah mineral. Biasanya bungkil kedelai diberikan sebanyak 5%, tepung ikan 5% untuk grower, dan 10% untuk finisher.

4. Bungkil kacang tanah
Adalah hasil ikutan kacang tanah yang sudah diambil minyaknya. Bahan ini kurang cocok untuk babi, karena kandungan lysine dan Ca-nya rendah. Apabila bungkil kedelai sulit diperoleh atau terlampau mahal, bungkil kacang tanah ini bisa dipakai pengganti dengan ketentuan zat yang kurang diperhitungan dan diganti dengan bahan lain.
5. Tepung Keong
Adalah olahan pakan dari bahan dasar siput atau keong. Kandungan protein yang sangat tinggi pada keong ini mampu mempercepat proses pembesaran dan penggemukan babi.

B. Bahan makanan sebagai sumber energy
1. Jagung / biji jagung / dedak jagung
Jagung adalah bahan makanan babi yang sangat bagus, karena banyak mengandung karbohidrat. Tetapi bahan makanan ini harus digiling halus, sebab bila tidak akan kurang bermanfaat. Baik jagung kuning maupun putih keduanya bisa dipergunakan walaupun yang putih kadar vitamin A lebih rendah.

2. Katul / dedak
Kualitas katul bermacam-macam. Keadaan kualitas ini tergantung pada jumlah brambut yang terdapat di dalam katul itu sendiri. Katul yang persentase btambutnya tinggi berarti berkualitas rendah. Dan katul banyak mengandung fat, sehingga pada musim panas atau lembab, katul mudah tengik. Katul yang rusak atau tengik akan mengganggu alat pencernaan dan menyebabkan vitamin-vitamin yang terdapat di dalamnya hancur.

Babi yang banyak mendapatkan makanan katul, bacon menjadi lunak. Oleh karena itu pemberian katul ini hendaknya dibatasi dalam jumlah sedang dan dalam keadaan baru (fresh), tak banyak brambut.

3. Molase / air gula
Molase bisa diberikan pada babi dalam campuran makanan sebanyak 5%. Mellase ini bisa mengikat makanan, sehingga makanan tak terhamburan. Mollase juga meningkatkan nafsu makan. Kepada babi-babi fattening bisa diberikan dalam jumlah sampai 20%. Sedangkan pada babi kecil tidak lebih dari 5%.

C. Bahan makanan hijauan
1. Hijauan segar
Hijauan merupakan salah satu bahan makanan yang sangat penting bagi pemeliharaan babi-babi kecil dan babi-babi bibit. Tetapi yang perlu dipikirkan ialah bahwa babi kecil tidak mampu mencerna serat kasar, maka kepada babi-babi kecil tersebut tidak bisa diberikan bahan makanan hijauan yang serat kasarnya terlampau tinggi.
Hijauan makanan yang biasa diberikan daun ketela rambat, rumput muda yang dipotong-potong dan berbagai jenis leguminose.

2. Tepung daun lamtoro
Tepung daun lamtoro sering ditambahkan pada makanan, terutama babi induk bibit dan anak-anak babi. Sebab bahan tersebut kandungan mineral dan vitaminnya tinggi. Akan tetapi karena bahan ini mengandung toxic (racun) maka jumlah jumlah yang bisa diberikan atau ditambahkan kepada ransum tidak boleh melebihi 5% dari seluruh campuran makanan. Pemakaian yang berlebihan atau terlampau banyak berarti akan menambah toxic yang lebih besar pula. Hal ini bisa berakibat pada babi, bulunya rontok, dan babi bunting bisa menyebabkan keguguran

3. Buah buahan segar
buah yang di berikan ke babi bisa berupa kulit buah atau daging buah.

D. Bahan makanan herbal
Berasal dari berbagai jenis daun obat dan juga buah / biji yang mengandung khasiat tertentu agar bisa membuat pakan ternak babi menjadi lebih sehat dan lebih menggairahkan bagi ternak babi untuk memakannya sampai habis.


Cara Penyusunan Ransum

Apabila jumlah babi yang dipiara itu hanya bebarapa ekor saja, maka kepada babi tersebut bisa diberikan sisa-sisa bahan makanan dari dapur, seperti kulit pisang, pepaya, sayuran, nasi dan lain sebagainya. Akan tetapi betapapun banyak sisa makanan yang bisa diberikan, namun praktek pemberian makanan semacam itu kurang bisa dipertanggung jawabkan. Sebab bahan makanan tersebut bukanlah merupakan rasum yang mempunyai susunan zat makanan dalam imbangan yang tepat seperti yang diperlukan tubuh babi untuk keperluan pertumbuhan dan berproduksi.

Sedangkan yang dimaksud dengan ransum ialah sejumlah campuran dari berbagai macam bahan makanan yang diberikan kepada hewan ternakdalam waktu tertent, misalnya satu hari satu malam (24 jam). Di dalam waktu 24 jam babi harus mendapatkan zat-zat dalam perhitungan yang benar dan teliti. Penyusunan ransum ini sangat bervariasi atau berbeda-beda. Titik berat perbedaan tersebut terletak pada kadar protein dan lemak juga karbohidrat.

Cara pemberian makanan dan jumlah yang diberikan
A. Cara Pemberian Makanan
Pada pokoknya ada 2 macam cara pemberian makanan, yaitu sistem basah dan kering. Pada umumnya pemilihan sistem tersebut didasarkan kepada tujuan di dalam pemeliharaan, bahan makanan yang tersedia serta keadaan tempat (kadang).

1. Sistem basah
Cara pemberian makanan semacam ini bertujuan intuk mendapatkan kualitas babi bacon yang baik. Semua bahan maknaan dibikin halus, kemudia dicampur air atau dibasahi.
Makanan ini bisa diberikan kepada babi pada bak makanan atau ditaruh di atas lantai. Hal ini juga sangat tergantung kepada jumlah babi dan tempat. Jika babi itu dipiara secara kelompok, di mana jumlah babi dalam satu ruang cukup besar, sedang tempat tidak memungkinkan, maka pemberian makan ini cukup ditaruh di atas lantai saja, sehingga modal bisa di hemat. Tetapi pada sitem pemeliharaan individual, sebaiknya makanan tersebut ditaruh pada bak makanan.

Kelebihan pemberian makanan sistem basah :
• Makanan basah ini lebih mudah dimakan dan dicerna.
• Menambah napsu makan, sebab babi lebih suka makanan basah.
• Makanan yang basah dengan mudah bisa ditaruh di atas lantai.

Kelemahannya
• Lebih banyak tenaga, karena harus menyiapkan atau membasahi makanan terlebih dahulu.
• Sisa makanan dengan sangat mudah menjadi basi.
• Kandang lebih cepat menjadi kotor. 


2. Sistem kering
Tujuan pemberian makanan semacam ini ialah untuk memberikan rangsangan agar bisa diperoleh berat hidup yang maksimal. Maka sistem ini sangat baik buat babi-babi, yang umur sekitar 3 ½ - 4 bulan dengan berat 45 – 55 kg. Pemberian makanan ini sebaiknya ditaruh pada bak makanan. Pakan ternak babi ini mudah di buat.

Keuntungan pemberian makanan sistem kering
• Pengisian makanan cukup dilakukan sekali sehari.
• Makanan yang tersisa tidak mudah menjadi basi.
• Tempat atau kandang tidak mudah kotor.
• Lebih menghemat tenaga, karena peternak tidak setiap kali harus membersihkan tempat dan tidak selalu mengisikan makanan.

Kelemahanya
• Agak sulit dimakan, karena hanya bisa diperoleh sedikit-demisedikit.
• Makanan mudah terhambur.

B. Jumlah Makanan Yang Harus Diberikan
Jumlah makanan yang diberikan kepada babi sebaiknya dilaksanakan menurut pedoman. Semua pemberian makanan harus disesuaikan dengan berat babi atau pertumbuhannya. Pada fase pertama, pemberian ransum itu hanyalah untuk keperluan pertumbuhan yang maksimal. Akan tetapi sesudah babi itu mencapai berat hidup minimal 80 kg, pemberian makanan harus dibatasi agar babi tidak terlalu banyak lemak , kecuali untuk program penggemukan tertarget waktu jual. 

Pemberian Multivitamin Lengkap Khusus Ternak Babi
Untuk membuat pakan ternak babi agar bernutrisi tinggi sehingga bisa mempercepat proses pembesaran dan penggemukan babi, maka penambahan Paket Lengkap vitamin Babi pada pakan saat pembuatan pakan babi ini sangat Kami sarankan untuk di berikan pada pakan babi.

Lalu, seberapa pentingkah seekor babi di beri Paket Lengkap Vitamin Babi ?!

Sangat Penting Banget !!!! 
Justru SANGAT DISARANKAN Pemakaian Paket Lengkap Vitamin Pembesaran & Penggemukan Babi ini bagi ternak babi Anda yang ingin Sukses ternak babi.

Alasannya adalah Khasiat, Manfaat, Fungsi, Harga dan Tujuan nya.
Khasiat Paket Lengkap Vitamin Babi ini sudah tidak perlu di pertanyakan lagi, ternak babi kami sendiri buktinya, yaitu :
√ Babi lebih cepat besar
√ Pertumbuhan badan / tubuh babi sangat cepat
√ Babi sangat sehat dan kebal dengan semua jenis penyakit dan virus
√ Pertambahan bobot babi sangat terlihat per harinya
√ Nafsu makan babi sangat besar dan selalu rakus makan berapapun porsi yang di berikan
√ Kotoran babi tidak berbau 
√ Sterilisasi pakan dan kandang babi
√ Bahan utama pembuatan pakan fermentasi terbaik untuk babi
√ Banyak banget manfaat lain untuk babi
(DOSIS / WAKTU PEMBERIAN / RITME PEMBERIAN Paket Lengkap Vitamin Babi Sangat Berpengaruh pada Kesuksesan Proses Pertumbuhan / Perkembangan / Penggemukan Babi)

Tujuan Pemberian Paket Lengkap Vitamin Babi adalah 
√ Agar babi bertubuh padat berbobot
√ Kualitas Daging babi juga lebih bagus / padat 
√ Percepatan waktu pemeliharaan agar langsung terjual mahal meski babi masih sngat muda tapi sudah sangat gemuk berbobot
√ Dan lain lain

Semoga Bermanfaat.

KONSULTASI : 
Telp. 0822 2151 6031 ATAU Klik WA Kami Dibawah Ini  


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Pemberian Pakan Dan Resep Pakan Pada Ternak Babi (Lengkap)

0 komentar:

Posting Komentar